MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT
DOI:
https://doi.org/10.61240/jmri.v1i2.23Keywords:
Hasil Belajar; Model Card Sort; SiklusAbstract
Banyak siswa kelas IV B SD IT Hasanah Koto Tinggi menghadapi kesulitan dalam pembelajaran tematik terutama pada pelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Kesulitan yang dihadapi timbul karena pembelajaran masih berpusat pada guru atau teacher centered. Pembelajaran tidak menggunakan model yang menarik sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Card Sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SD IT Hasanah yang berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Card Sort pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase angka ketuntasan hasil belajar siklus I adalah 75% pada pelajaran Bahasa Indonesia, 75% pelajaran IPA dan 82% pelajaran IPS. Pada siklus II, 96% Bahasa Indonesia, 93% pelajaran IPA dan 93% pelajaran IPS. Dengan demikian penerapan metode Card Sort mengalami peningkatan pada mata pelajaran tematik siswa Kelas IV B SD IT Hasanah Koto Tinggi.