MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V A MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI SD IT HASANAH KOTO TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.61240/jmri.v1i2.21Keywords:
Tematik, Think Pair Share, PTK.Abstract
Siswa kelas V A SD IT Hasanah menghadapi kesulitan belajar tematik pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Kesulitan tersebut timbul karena rendahnya hasil belajar tematik siswa, kegiatan belajar mengajar hanya berpusat kepada guru, metode ceramah mengakibatkan kejenuhan, serta hasil belajar siswa rendah yang tidak mencapai tujuan pembelajaran sesuai KKM yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SD IT Hasanah Koto Tinggi Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berjumlah 2 siklus setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan dan setiap akhir pertemuan dilaksanakan tes tertulis dalam bentuk objektif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar tematik siswa kelas V A SD IT Hasanah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I (57%) dan siklus II (86%). Ketuntasan pada muatan pelajaran IPA siklus I (52%) dan siklus II (81%). Ketuntasan pada muatan pelajaran IPS siklus I (48%) dan siklus II (76%). Hasil observasi aktivitas guru siklus I nilai rata-rata (83%) dan siklus II (95%) dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I nilai rata-rata (80%) dan siklus II (89%).