PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENULIS PUISI

Authors

  • Siti Malahayati UISU

DOI:

https://doi.org/10.61240/jmri.v1i1.2

Keywords:

Pengembangan, Canva, menulis puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan, (2) Mendeskripsikan validitas ahli materi dan ahli media tentang pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan, (3) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan. Sumber data pada penelitian  ini berupa  kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrumen menggunakan skala Likert. Responden  dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Metode penelitian  ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall yang dilakukan penyesuaian dalam 6 tahap karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19 yakni (1) analisis kebutuhan, (2) Perencanaan Spesifikasi Produk, (3) Perencangan Produk, (4) Validasi Produk, (5) Revisi/perbaikan Produk, (6) Diseminasi. Respon ahli materi, diperoleh rata- rata keseluruhan aspek materi 77,37% dengan kategori “Layak”. sementara ahli media/ desain diperoleh rata- rata  keseluruhan aspek sebesar 94,17% dengan katagori “Sangat  Layak”. Ini berarti media pembelajaran video animasi menulis puisi berbantuan video animasi Canva untuk siswa kelas X SMA ini layak dan valid untuk  diterapkan pada kelompok kecil atau kelompok besar.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Siti Malahayati. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENULIS PUISI. JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.61240/jmri.v1i1.2

Issue

Section

Articles