PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENULIS PUISI
DOI:
https://doi.org/10.61240/jmri.v1i1.2Keywords:
Pengembangan, Canva, menulis puisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan, (2) Mendeskripsikan validitas ahli materi dan ahli media tentang pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan, (3) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan Canva pada materi menulis puisi kelas X SMA Swasta Prayatna Medan. Sumber data pada penelitian ini berupa kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrumen menggunakan skala Likert. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall yang dilakukan penyesuaian dalam 6 tahap karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19 yakni (1) analisis kebutuhan, (2) Perencanaan Spesifikasi Produk, (3) Perencangan Produk, (4) Validasi Produk, (5) Revisi/perbaikan Produk, (6) Diseminasi. Respon ahli materi, diperoleh rata- rata keseluruhan aspek materi 77,37% dengan kategori “Layak”. sementara ahli media/ desain diperoleh rata- rata keseluruhan aspek sebesar 94,17% dengan katagori “Sangat Layak”. Ini berarti media pembelajaran video animasi menulis puisi berbantuan video animasi Canva untuk siswa kelas X SMA ini layak dan valid untuk diterapkan pada kelompok kecil atau kelompok besar.